Thursday, December 16, 2010

RPP dengan CTL berbasis karakter


PENYUSUNAN RPP DENGAN PENDEKATAN CTL BERBASIS KARAKTER
Oleh: Tjatur Prasetyawati
Penanggung Jawab MGMP Bahasa Inggris Kab.Semarang


Latar Belakang
Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Komitmen nasional tentang perlunya pendidikan karakter, secara imperatif tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Pasal 3 UU tersebut dinyatakan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” Jika dicermati 5 (lima)  dari 8 (delapan) potensi peserta didik yg ingin dikembangkan sangat terkait erat dengan karakter.
Secara akademik, pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerrti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik itu, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.  Karena itu muatan pendidikan karakter secara psikologis mencakup dimensi moral reasoning, moral feeling, dan moral behaviour (Lickona:1991), atau dalam arti utuh sebagai morality yang mencakup moral judgment and moral behaviour baik yang bersifat prohibition-oriented morality maupun pro-social morality (Piager, 1967; Kohlberg; 1975; Eisenberg-Berg; 1981). Secara pedagogis, pendidikan karakter seyogyanya dikembangkan dengan menerapkan holistic approach, dengan pengertian bahwa “Effective character education is not adding a program or set of programs. Rather it is a tranformation of the culture and life of the school” (Berkowitz: ...  dalam goodcharacter.com: 2010): Sementara itu Lickona (1992) menegaskan bahw: “In character education, it’s clear we want our children are able to judge what is right, care deeply about what is right, and then do what they believe to be right-even in the face of pressure form without and temptation from within.

Pengimplementasian Pendidikan Karakter dalam mata pelajaran:
Tabel 1.1. Contoh Distribusi Nilai-Nilai Utama ke Dalam Mata Pelajaran

Mata Pelajaran


Nilai Utama
1.   Pendidikan Agama
Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli
2.   PKn
Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
3.   Bahasa Indonesia
Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis
4.   IPS
Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras
5.   IPA
ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu
6.   Bahasa Inggris
Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial

7.   Seni Budaya
Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis
8.   Penjasorkes
Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain
9.   TIK/Keterampilan
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain
10. Muatan Lokal
Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli
 

Penanaman Karakter melalui Pelaksanaan Pembelajarandengan CTL



 














Diambil dari: Pembinaan Pendidikan Karakter  di Sekolah Menengah Pertama
Kementerian Pendidikan Nasional
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar  dan Menengah
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, 2010


Dalam pengimplementasian Pembelajaran, di RPP bisa diletakkan di kegiatan awal, inti maupun penutup (contoh RPP dengan CTL berbasis karakter seperti di lampiran)




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP                          :  SMP N 2 Tuntang
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi  : 1. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana 
                                                                        Untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar   :   1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Indikator                   : Merespon ungkapan :
§ Mengundang, menerima, dan menolak ajakan.
§ Menyetujui / tidak menyetujui.
§ Memuji.
§ Memberi selamat.
Jenis Teks                 : Transaksional / Interpersonal
Tema                        : Frendship
Aspek/Skill               : Mendengarkan
Alokasi Waktu          : 8 x 40 Menit
1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.       Merespon ungkapan undangan / ajakan dari orang lain.
b.      Merespon ungkapan persetujuan.
c.       Merespon Pujian
d.      Merespon ucapan selamat
e.       Melengkapi teks lisan berbentuk naratif
2.      Materi Pembelajaran
a.       Percakapan singkat memuat ungkapan berikut :
1.      Andi   : Please, sit down !
Budi   : Thank you.
2.    Ani     : Would you come to my party, please ?
       Berta   : I’d love to but I’ve to do my homework at home.
3.    Anto    : It’s a nice day to go playing kites , isn’t it ?
       Bejo     : That’s a good idea.
4.    Sinta    : You looks so beautiful in that glasses .
       Devi     :  Really ? thank you .
5.    Galih    : Happy birthday to you !
       Puput    :  Thank you very much.
b.      Kosa kata terkait tema / jenis teks.
Misalnya : run off, cry for help, accross the prairie, etc
c.       Bagian bagian teks narative : The orientation, the complication and the resolution.
3.      Metode Pembelajaran / teknik : Three – phase technique

4.      Langkah – langkah Kegiatan
a.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
-                      Berdoa (contoh nilai yang ditanamkan: taqwa).
-                      Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin).
-   Menanyakan kabar siswa – dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
- Kesiapan kelas dalam pembelajaran (presensi, kebersihan kelas, dan lain-lain).
        Motivasi
1) Penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan.
2) Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
b.    Kegiatan Inti
Explorasi:
1.         Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
2.         Mendengarkan kalimat-kalimat yang diucapkan guru.
3.         Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4.         Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru

Elaborasi:
Dalam kegiatanya guru meminta siswa untuk:
1)   Membahas ungkapan yang telah ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2)   Merespon kalimat-kalimat yang diucapkan guru dengan menirukan kembali.
3)   Menjawab pertanyaan  isi ungkapan tentang mengundang, menerima, dan menolak ajakan,
menyetujui / tidak menyetujui, memuji, memberi selamat, melalui ungkapan yang diucapkan guru atau melalui media (disini bisa juga ditanamkan pendidikan karakter untuk kesopanan, empati/ peduli pada yang lain)

Konfirmasi:
Dalam kegiatannya guru:
1)   Memberi   umpan balik tentang ungkapan yang telah diperagakan .
2)   Membuat rangkuman materi untuk meneguhkan materi yang telah
c.    Kegiatan penutup
1.      Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
2.      Menyimpulkan materi pembelajaran
3.      Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan yang telah dipelajarai dalam situasi yang sesungguhnya.
5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan : English in Focus, BSE
b.      Kaset, CD,  yang relevan.
c.       Gambar-gambar yang relevan.
6.      Penilaian
a.       Teknik : Merespon ungkapan / pertanyaan secara lisan dan tulis.
b.      Bentuk             : Pertanyaan lisan
c.       Instrumen :
    Listen to the expressions and give your response orally !
1.      Would you come to my party tonight ? ( accept )
………………………………………………………………..
2.      Students . Would you like to keep silent ? ( refuse )
………………………………………………………………..
3.      You can do all the task completely , Ali. You are smart.
 ………………………………………………………………..
4.      Today is your special day. You are the fisrt winner of the singing contest. Congratulations !
………………………………………………………………..

5.      The new refrigerator will look great in the dinning room. What do you think  about it  ?
     ………………………………………………………………..
Listen to the expressions and choose the best response, a, b, c or d.

1.  1. Oki               : We’d like to have dinner with in the restaurant this evening . I’ll be glad if you can come ?
    Berta  : …
          a. Wow, it’ll be nice . I’ll be there on time    c. Sure . Whom I come with ?
 b. Well, I’ve no idea.                                  d. I don’t think it’s a good idea.
2.  Aisah  : I invite you to come to my birthday  party  this afternoon . Will you ?
Tika    : …
a.  I'd love to                                                                                                                                           
 b. I don’t agree I will come.
c. I’d love to but  I can’t                                                                                                                  
d. I’d like to congratulate you .
3.  Toni    : I think the task is too difficult. How about you  ?
Benny : ……………………….
a. What a difficult task it is. I can’t do it                                                                                                          c. I don’t agree with you. I think you didn’t study
b. There are some mistakes on the test                                                                                     d. You are really so stupid
4.  Anisa  :  It is 10 o’clock pm .  You don’t go alone. I’ll drive you there.
Susi    : …
a. I hope I don’t bother you                                                                                                                 c. What time will you pick me up ?
b. How will we go there ?                                                                                                     
  d. That’s very kind of you , thanks
  5. Andi  :  ………….. Ratna
            Many happy return of the day !
Ratna : Tank you ,Andi
 a.Happy new year                                                                                                                                                                                 
  c. Happy fasting day
b.Congratulation on your success                                                                                                        d. Happy birthday to you

d.      Pedoman Penilaian:

1. Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 3
b.Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
3. Jumlah skor maksimal                  I                       5 x 3 = 15
                                                                                                                                                                                                                                            II                      5 x 2 = 10
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Jumlah             25
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai Siswa =













     Rubrik Penilaian:
 
No.
Uraian
Skor
I
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Tuntang, Juli 2010
Mengetahui
KepalaSekolah Guru                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 


   
                


No comments:

Post a Comment